Senin, 19 Desember 2011

Tiga Kemungkinan Penyebab Tergulingnya Anjungan Minyak


VLADIVOSTOK, Tim penyelidik saat ini memusatkan perhatian pada tiga kemungkinan terbesar yang menjadi penyebab tergulingnya anjungan minyak lepas pantai saat ditarik di Laut Okhotsk, dekat Pulau Sakhalin, Rusia timur jauh, hari Minggu lalu.
Kami mempertimbangkan tiga versi penyebab kejadian itu, yakni pelanggaran regulasi pelayaran, kondisi teknis anjungan, dan kondisi cuaca
"Kami mempertimbangkan tiga versi penyebab kejadian itu, yakni pelanggaran regulasi pelayaran, kondisi teknis anjungan, dan kondisi cuaca," tutur Pyotr Solomakhin, deputi ketua departemen investigasi transportasi regional, kepada RIA Novosti, Selasa (20/12/2011).
Anjungan pengeboran minyak lepas pantai Kolskaya itu sedang ditarik menuju pelabuhan saat terjebak badai kemudian terbalik dan langsung tenggelam, sekitar 200 kilometer lepas pantai Pulau Sakhalin, Minggu siang waktu setempat. Dari 67 orang yang berada di dalam anjungan saat kecelakaan terjadi, 16 ditemukan tewas, 14 berhasil diselamatkan, dan 37 lainnya masih hilang.
Harian bisnis Kommersant hari Senin mengatakan, separuh dari total orang yang berada di anjungan tersebut saat terjadi insiden sebenarnya tidak diperbolehkan berada di sana. Menurut peraturan yang berlaku, hanya kapten dan sejumlah kecil kru yang dibutuhkan untuk proses penarikan itu saja yang diperbolehkan berada di dalam anjungan.
Anjungan berukuran 69 x 80 meter tersebut dibuat di Finlandia tahun 1985, dan baru saja menyelesaikan pengeboran minyak untuk perusahaan minyak raksasa Rusia, Gazprom. 

Source: http://internasional.kompas.com/read/xml/2011/12/20/12120243/Tiga.Kemungkinan.Penyebab.Tergulingnya.Anjungan.Minyak